Cara Menyalakan / Mengaktifkan / Aktivasi Jaringan GPRS

Cara Menyalakan / Mengaktifkan / Aktivasi Jaringan GPRS GSM pada Simpati, Kartu As dan Kartu Halo Telkomsel – Operator Seluler

GPRS adalah general pocket radio service, salah satu fitur data transfer dari penyedia jaringan seluler yang memungkinkan anda untuk berselancar di dunia maya tanpa harus menggunakan kabel dan alat piranti keras lainnya. Cukup dengan telepon selular yang anda miliki anda bisa langsung terkoneksi ke dunia maya dengan melakukan setting pengaktifan terlebih dahulu tentunya.

Syarat Pengaktifan dan Penggunaan GPRS
– Menggunakan handset / hp yang bisa gprs
– Ada software browser html / wap pada ponsel anda atau di koputer pc atau laptop jika anda menyambungkannya ke komputer.
– Kartu anda dalam keadaan aktif tidak tenggang atau grace period.
– Bagi simpati memiliki sisa pulsa minimal Rp. 500,-
– Berada di wilayah yang dijangkau fitur GPRS

A. Langkah / Tahap Aktifasi GPRS pada Kartu Halo

1. Mengirim SMS ke 6616 dengan pesan sebagai berikut :

Ketik : GPRS
Keterangan : Dikenakan tarif Rp 250 sekali kirim

2. 2 Kali Mendapatkan SMS Konfirmasi dari Server Telkomsel

Tunggu beberapa saat, anda akan menerima konfirmasi sms bahwa aplikasi gprs anda sedang diproses dan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 48 jam atau dua hari. Setelah gprs aktif pada server, anda akan kembali mendapat notifikasi sms kedua yang menyatakan gprs anda sudah aktif.

3. Lakukan seting gprs di ponsel anda dengan parameter umum :
– Connection Name : APN Telkomsel
– Data Bearer : GPRS
– Access Point Name : telkomsel
– Username : wap
– Prompt Password : No
– Password : wap123
– Authentication : Normal
– Gateway IP address : 10.1.89.130
– Homepage : http://wap.telkomsel.com
– Connection Security : Off
– Session Mode : Permanent

B. Langkah / Tahap Aktifasi GPRS pada Kartu Simpati dan Kartu As

1. Mengirim SMS ke 6616 dengan pesan sebagai berikut :

Ketik : GPRS[spasi]nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) di belakang sim card simpati anda
Contoh : GPRS 6210001234567890
Keterangan : Dikenakan tarif Rp 350 sekali kirim

2. 2 Kali Mendapatkan SMS Konfirmasi dari Server Telkomsel

Tunggu beberapa saat, anda akan menerima konfirmasi sms bahwa aplikasi gprs anda sedang diproses dan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 48 jam atau dua hari. Setelah gprs aktif pada server, anda akan kembali mendapat notifikasi sms kedua yang menyatakan gprs anda sudah aktif.

3. Lakukan seting gprs di ponsel anda dengan parameter umum :
– Connection Name : APN Telkomsel
– Data Bearer : GPRS
– Access Point Name : telkomsel
– Username : wap
– Prompt Password : No
– Password : wap123
– Authentication : Normal
– Gateway IP address : 10.1.89.130
– Homepage : http://wap.telkomsel.com
– Connection Security : Off
– Session Mode : Permanent

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Solusi, Tips dan Cara Menelepon/Telepon dan Mengirim/Berkirim SMS Gratis atau Murah Meriah
Tue, 09/05/2006 – 8:03pm — godam64
Hidup di dunia menjadi lebih mudah akibat adanya perkembangan teknologi yang semakin modern dari masa ke masa. Dulu pada tahun 80-an kita sangat sulit untuk menelepon orang, hal itu disebabkan masih jarangnya sarana telepon umum di Indonesia. Pemilik telepon juga masih terbatas, sehingga sarana penghubung antara orang yang satu dengan yang lain masih didominasi oleh kirim mengirim surat dan pesan kilat telegram yang pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah huruf yang dikirim. Semakin jauh jarak daerah yang dituju, maka akan semakin mahal dan lama biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan.

Perkembangan teknologi telepon tanpa kabel atau wireless saat ini sangat booming dan berkembang pesat di Indonesia. Operator telepon berlomba-lomba menjadi yang nomor satu dengan menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.

Saat ini biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pulsa, voucher isi ulang, abonemen, dan sebagainya masih sangat mahal dan masih di atas harga pulsa di banyak negara lain. Untuk menelepon dari seluler ke selular kita harus merogoh kocek yang lumayan. Begitu pula dengan mengirim sms yang jumlah karakternya sangat terbatas. Sebenarnya dari awal penentuan harga tarif telepon ponsel baik gsm dan cdma ditetapkan untuk membentuk persepsi konsumen bahwa harga yang wajar untuk menelepon dan layanan lainnya adalah sekian. Padahal sebenarnya cost yang ditanggung oleh operator telepon nirkabel biasanya flat. Jadi mungkin bisa saja cost yang sebenarnya dari menelepon adalah seratus rupiah permenit dan sms hanya sepuluh rupiah saja.

Daripada membuang waktu lebih baik langsung atau to the point saja :

– Telepon tanpa pulsa alias gratis
anda perlu koneksi internet yang cukup cepat untuk menggunakan layanan gratis voice messenger dari yahoo, google, skype, dan lain sebagainya. Namun penggunaannya masih terbatas untuk sesama pengguna layanan yang berbasis internet. Jadi belum bisa menelepon ke jaringan pstn dan selular yang sifatnya sangat komersial. Bagi anda yang punya jaringan komputer atau network baik tingkat kampus, kos-kosan, komplek rumah, maupun jaringan dalam rumah anda dapat mencari dan menginstall program yang memungkinkan anda untuk dapat menelepon dari satu komputer pc ke pc yang lainnya tanpa dipungut bayaran sepeser pun.

– Telepon dengan biaya Murah Abis
Ini solusi yang memerlukan sedikit modal. Anda perlu menggunakan telepon seluler atau hp cdma yang masih bisa berfungsi. Lalu beli kartu perdana operator yang berjalan di frekuensi cdma, tetapi bukan fren. Jadi pilihannya adalah telkom flexi, indosat starone, dan esia. Dengan menelepon dan ber sms melalui cdma anda sudah melakukan penghematan untuk bertelepon, tetapi belum cukup untuk sms. Biasanya kita terkena tagihan atau pengurangan pulsa 800 perak per menit untuk menelepon dari telpon selular ke selular. Dengan cdma anda cuma kena 400 rupiah saja (tarif tergantung operator masing-masing). Jika anda menelepon ke sesama pengguna cdma atau telepon rumah (lokal) anda akan hanya kena seratus perakan per 30 detik.

– Kirim sms murah
Untuk melakukannya kita harus mensurvei satu persatu tarif dari operator untuk sms. Pastikan tarif pengirimannya murah dan penerima sms sesuai dengan persyaratan. Biasanya persyaratan yang ada adalah anda hanya bisa mengirim sms murah sesama operator saja, seperti dari indosat star one ke starone. Kelemahannya adalah penerima sms biasanya harus berasal dari operator yang sama😦

– Mengirim sms gratis
Hal ini sangat mugnkin untuk dilakukan dan legal. Biasanya ketika anda mendaftar pada komunitas pelanggan masing-masing operator, anda biasanya bisa mengirim sms secara cuma-cuma. Contohnya seperti komunitas pelanggan Indosat IM3 M3-Access di http://www.m3-access.com, pelanggan Indosat mentari di Klub Mentari http://www.klub-mentari.com, telkomsel simpati zone, dan lains sebagainya. Biasanya untuk dapat menikmati sms gratis anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selain itu juga terdapat situs-situs di internet yang membelikan layanan sms gratis bagi para pengunjungnya. Anda dapat mencarinya di search engine/mesin pencari dan mencoba mana yang benar-benar memberikan sms gratis untuk wilayah jangkauan Indonesia.

Semoga Berhasil mengurangi pengeluaran anda untuk komunikasi🙂

————

Setting GPRS simPATI (Telkomsel)

1. Menggunakan ponsel dengan fasilitas GPRS.

2. Masih memiliki pulsa minimum Rp. 500,- dibawah nilai tersebut Anda tidak dapat menggunakan layanan GPRS, MMS maupun SMS.

3. Mendaftar sebagai pelanggan GPRS, yang hanya dapat dilakukan melalui SMS.

Caranya :
– Ketik pesan SMS : GPRS [Nomor Kartu]
– Contoh : GPRS 6210009922069556
– Kirim ke : 6616

Catatan :
– Tarif pesan kirim SMS : Rp. 350 ,- / pesan.
– Nomor kartu merupakan nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) yang terdiri dari 16 (enam belas) digit nomor dan terdapat di belakang chip kartu simPATI Nusantara Anda.
– Isi pesan tidak tergantung pada huruf besar atau kecil (non case sensitive).
– Dalam pengetikan nomor kartu tidak boleh ada spasi.

4. Sistem akan memberikan pesan notifikasi SMS kepada Anda setelah beberapa waktu untuk memberitahukan bahwa permintaan aktivasi sedang diproses : “Your request for GPRS Setup already received. Please wait for max. 48 hours for succesfull activation notification message.”

5. Pemrosesan aktivasi membutuhkan waktu maksimum 48 jam.

6. Setelah proses aktivasi sukses dilakukan, sistem akan memberitahukan kepada Anda melalui SMS dari 6616 : “Welcome to GPRS Service! Your GPRS service has been activated. Please visit http://www.telkomsel.com for more information”

7. Melakukan setting pada terminal komunikasi yang digunakan dengan parameter-parameter seperti berikut :

• Connection Name : APN Telkomsel
• Data Bearer : GPRS
• Access Point Name : telkomsel
• Username : wap
• Prompt Password : No
• Password : wap123
• Authentication : Normal
• Homepage : http://wap.telkomsel.com
• WAP Gateway IP Address : 10.1.89.130
• Port : 9201 (standard), 8000 (proxy)

8. Berada di wilayah layanan GPRS.

9. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda telah terdaftar pada http://www.telkomsel.com.

10. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda melakukan setting handset untuk menggunakan Access Point Name (APN) telkomsel.

Setting GPRS kartuHALO (Telkomsel)

1. Menggunakan ponsel dengan fasilitas GPRS.

2. Mendaftar sebagai pelanggan GPRS, pendaftaran dapat dilakukan di GraPARI atau hubungi Caroline di nomor 111, layanan bebas pulsa dari kartuHALO Anda, atau dapat dilakukan melalui SMS :

Caranya :
– Ketik pesan SMS : GPRS
– Contoh : GPRS
– Kirim ke : 6616

Catatan :
– Tarif pesan kirim SMS : Rp. 250 ,- / pesan.

3. Sistem akan memberikan pesan notifikasi SMS kepada Anda setelah beberapa waktu untuk memberitahukan bahwa permintaan aktivasi sedang diproses : “Your request for GPRS Setup already received. Please wait for max. 48 hours for succesfull activation notification message.”

4. Pemrosesan aktivasi membutuhkan waktu maksimum 48 jam.

5. Setelah proses aktivasi sukses dilakukan, sistem akan memberitahukan kepada Anda melalui SMS dari 6616 : “Welcome to GPRS Service! Your GPRS service has been activated. Please visit http://www.telkomsel.com for more information”

6. Melakukan setting pada terminal komunikasi yang digunakan dengan parameter-parameter seperti berikut :

• Connection Name : APN Telkomsel
• Data Bearer : GPRS
• Access Point Name : telkomsel
• Username : wap
• Prompt Password : No
• Password : wap123
• Authentication : Normal
• Homepage : http://wap.telkomsel.com
• WAP Gateway IP Address : 10.1.89.130
• Port : 9201 (standard), 8000 (proxy)

7. Berada di wilayah layanan GPRS.

8. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda telah terdaftar pada http://www.telkomsel.com.

9. Untuk menggunakan WAP Telkomsel dengan GPRS, pastikan Anda melakukan setting handset untuk menggunakan Access Point Name (APN) telkomsel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: