Apa Penyebab Menurunnya Libido Wanita

Penyebab Menurunnya Libido Wanita

Diketahui bahwa gairah wanita untuk berhubungan seks bisa padam seketika hanya karena hal sepele. Ternyata diet, stres dan masa pra haid bisa menjadi pemicu kaum hawa ogah bercinta.

Pada dasarnya hal yang paling sering membuat gairah wanita menurun adalah stres, anak-anak, masalah asmara, pengobatan fisik atau juga ketidakmampuan fisik dan rasa sakit. Libido wanita ini sangat rawan. Sisi emosional, mental, fisik dan spiritual bisa menjadi penyebab utama mereka malas bercinta.

Banyak hal yang bisa mengendalikan hormon seksualitas wanita. Beberapa diantaranya mudah diketahui tapi sebagian lagi sulit untuk didefinisikan. Akan sangat sulit menceritakan apa masalah sebenarnya yang tengah dihadapi oleh mereka, inilah beberapa hal aneh yang bisa mengendalikan seksual para wanita.

Pengaruh Psikologis

Banyak hal psikologi yang bisa membuat wanita kehilangan gairah seksnya. Misalnya kurangnya rasa percaya diri, stres, kegelisahan yang berkepanjangan atau trauma. Seorang istri yang sulit sekali untuk bugil dihadapan Anda kemungkin memiliki rasa percaya diri yang rendah. Ia bahkan butuh waktu yang lama untuk bisa merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri. Mungkin saja ia pernah mendapat imej buruk atau kelebihan berat badan juga bisa jadi pemicunya. Setiap wanita menginginkan tubuh yang sempurna.

Cara terbaik adalah yakinkan bahwa istri Anda sangat cantik dan menggairahkan. Mereka hanya merasa tidak pede, maka Andalah yang harus mengembalikan rasa itu. Temukan bagian dari dirinya yang membuat Anda tergila-gila dari bentuk fisiknya hingga kecerdasannya. Ingatkan juga padanya betapa ia membuat Anda tak bisa hidup tanpanya.

Semua orang pasti mengalami stres. Tak peduli seberapa besar kadar stres itu jika sudah mempengaruhi kehidupan seks Anda makan ini adalah sebuah masalah. Kesibukan sehari-hari akan membuat wanita malas melakukan hubungan seks di malam hari. Berilah pijatan lembut padanya. Biarkan ia relaks sesaat sebelum Anda berencana memulai permainan. Tapi hati-hati dengan pijatan Anda, bisa-bisa ia tertidur pulas.

Seperti halnya stres perasaan gelisah bisa membuat kehidupan seks menurun. Banyak sebab yang bisa membuat orang gelisah. Mungkin trauma di masa kecil, pemerkosaan atau ketakutan lainnya. Tragedi ini bukan hanya akan berbekas pada kehidupan seks Anda dan pasangan, tapi juga mempengaruhi seluruh hidupnya. Ia harus mencari tahu dan mengulas alasan mengapa kegelisahan itu sering datang. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memberikan dukung sepenuhnya. Ini bukan hal yang mudah, tapi bisa menjadi jalan komunikasi terbaik. Semua pasti bisa diatasi dan dipecahkan bersama.

Kesehatan Fisik

Keadaan inilah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat emosional wanita yang turun naik seenaknya biasanya secara langsung dipengaruhi oleh keadaan fisik. Mungkin kesibukannya yang menyita tenaga dan pikiran, atau diet ketatnya, pengeluaran toxic dari tubuh atau juga sindrom pra menstruasi. Seperti dilansir detikhot dari Ask Men, Selasa (2/5/2006) semua keadaan ini bisa dikendalikan secara baik oleh pria.

Wanita yang ingin menjaga kesehatan dan bentuk tubuhnya tetap indah biasanya rajin melakukan olahraga. Namun olahraga yang berlebihan ternyata mengganggu libido wanita untuk bercinta. Sebagai suami, mungkin ada baiknya Anda menemani istri jogging atau berolahraga ringan bersama. Dengan demikian kesehatan dan kebahagiaan kalian berdua akan meningkat seiring dengan dinamisnya kehidupan seks.

Banyak wanita melakukan diet dengan berbagai tujuan. Tapi tahukan Anda bahwa diet ini ternyata menyiksanya. Wanita melakukan diet pasti karena ia merasa ada yang kurang dari tubuhnya. Kurang langsing, kurang seksi ataupun kurang sehat. Lagi-lagi yakinkan pasangan bahwa ia sudah cukup seksi dengan keadaannya yang sekarang. Namun bantu ia untuk mengatasi permasalahan itu.Perlahan Anda bisa mengganti cemilannya dengan salad, soda dengan air mineral. Anda pun juga harus mengganti kebiasaan makan bersamanya. Hal ini bisa membuat energi Anda dan pasangan meningkat. Energi lebih untuk hidup berarti ada energi lebih untuk seks bukan.

Asap rokok, polusi, olahraga berlebih dengan pembuangan toxin yang tak seimbang, kelebihan berat badan dan diet yang salah ternyata bisa membunuh libido wanita dengan sekejap. Cobalah mengatasinya dengan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung antioksidan seperti teh hijau, dan berolahraga dengan teratur.

Sindrom pra menstruasi bisa datang seminggu atau beberapa hari sebelum masa haid. Setiap wanita pasti mengalami perubahan pada periode ini. Biasanya tingkah laku mereka jadi tidak masuk akal, emosional dan gelisah. Satu menit mereka terlihat baik-baik saja namun kemudian wanita bisa menangis, berteriak atau apapun. Untuk mengatasi hal ini buat ia santai dengan melakukan sedikit latihan dan beraktifitas. Alihkan rasa stres yang dialaminya dalam periode ini. Dan ya, seks bisa menjadi jalan terbaik. Namun lakukan dengan baik, karena wanita akan menjadi ekstra sensitif.

Ini dia sebagian dari faktor yang membuat wanita tak bergairah melakukan hubungan seks. Selain stres, olahraga yang berlebihan dan sindrom pra menstruasi ternyata ekstasi dan ganja juga berpengaruh pada libido wanita lho. Nantikan kelanjutannya.

KB / Keluarga Berencana

Macam-macam alat Keluarga Berencana (KB) ternyata membuat gairah wanita bercinta cukup menurun. Ada berbagai alternatif KB misalnya pil, suntik ataupun spiral. Pasangan yang menggunakan KB bebas untuk berhubungan seks tanpa takut hamil. Namun sayangnya alat KB ini malah membuat libido wanita berkurang. Pil KB akan membuat hormon testiteron berkurang padahal hormon inilah yang menjadi kunci penting pendorong libido wanita.

KB suntik pun tak jauh berbeda. Malah biasanya tipe KB ini membuat kegiatan seks menjadi hal yang menyakitkan. Ini akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi kebanyakan wanita. Kegiatan bercinta pun menjadi hal yang tak menyenangkan lagi baginya.

Sama seperti KB suntik jenis spiral juga tak membuat kehidupan seks Anda lebih baik. Biasanya wanita yang melakukan KB spiral malah mempunyai gairah seks yang sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dari hasrat pria. Setiap pengobatan pasti ada efek sampingnya. Wanita akan cenderung lebih moody, obsesif, depresi, berjerawat dan menghancurkan diri sendiri. Selama menggunakan alat KB akan terjadi perubahan positif dan negatif pada wanita. Anda bisa mencari solusi yang terbaik dengan konsultasi ke dokter kandungan.

Obat-obatan Medis

Obat penenang, antidepresi, obat pemicu tekanan darah dan obat sejenis lainnya bisa meningkatkan libido wanita. Obat antidepresi bisa membantu meningkatkan energi namun obat ini juga bisa membuat orgasme tertunda atau bahkan tak terjadi sama sekali. Lakukan pendekatan dengan mulai menciuminya dengan lembut dan perlahan. Ingat, tekanan seks juga bisa membuat gairah wanita pudar.

Obat penenang juga membuat wanita sulit mencapai orgasme. Ini akan membuat mereka mengalami pengalaman yang membuatnya stres. Kebanyakan obat penenang membuat tubuh dan pikiran seseorang terpisah. Tak banyak yang bisa dilakukan untuk kondisi seperti ini. Hindari obat penenang, sedikit berolahraga, mengkonsumsi air yang cukup dan lakukan hal menyenangkan akan membuat kesehatannya pulih.

Narkoba

Ekstasi, ganja, heroin, kokain dan sejenisnya ternyata bisa membuat gairah seks wanita menurun. Padahal logikanya orang akan kehilangan akal dan kelebihan energi jika melakukan kegiatan seks ketika mengkonsumsi obat-obatan ini. Ganja menimbulkan efek anti depresi terhadap tubuh namun narkotika jenis ini bisa membunuh libido. Ganja membuat vagina kering dan sakit ketika melakukan seks.

Sementara itu jenis narkotika amphetamine membuat fungsi seksual pria dan wanita menurun. Heroin dan kokain bisa membuat hasrat bercinta menurun dan wanita sulit orgasme. Para pria biasanya kaum hawa itu sulit ereksi. Kebanyakan orang yang menggunakan heroin dan kokain jarang melakukan seks. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kokain mungkin akan sangat bagus.

Mengendalikan gairah seks wanita ternyata gampang-gampang susah. Yang terpenting jangan berusaha untuk membunuh libido wanita dengan perlakuan Anda. Biarkan gairah itu datang dan pergi seiring dengan kebutuhan akan kehidupan seks.(yla/)
Source : detikHot

%d bloggers like this: