Teh Mencegah Gigi Berlubang

Teh Mencegah Gigi Berlubang

Ternyata teh hitam tidak hanya membuat kita terus terjaga akibat kafein yang dikandungnya. Namun, teh hitam ternyata mempunyai kandungan bahan dan manfaat lain. Selain kafein, teh hitam mengandung bahan yang dapat mengurangi terbentuknya plak gigi dan mencegah gigi berlubang. Bahkan teh juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Iowa bekerjasama dengan Universitas Swedia yang dibiayai oleh Tea Trade Health Research Association, dibuktikan bahwa meminum teh setiap hari dapat mengurangi terbentuknya plak di gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di mulut.

Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya lebih terfokus pada kegunaan dan kelebihan dari teh hijau, yang lebih umum di negara-negara kawasan timur. Namun sekarang ini konsumsi teh hitam juga telah mulai menjadi konsumsi umum di Asia.

Penelitian ini menggunakan teh yang benar-benar hitam, yaitu teh kental, tanpa gula, susu, ataupun pemanis lainnya. Teh seperti ini mengandung zat polyphenol yang berfungsi menghancurkan plak dan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu teh hitam juga menghambat zat yang merekatkan plak pada gigi. Walaupun teh hitam dapat mencegah gigi berlubang, tetapi teh tidak mencegah noda pada gigi.

Meminum teh sepertinya menjadi jalan keluar termudah untuk menjaga gigi. Namun, para ahli mengingatkan bahwa minum teh tidak dapat dijadikan pengganti untuk kegiatan menjaga kebersihan gigi, seperti menggosok gigi. Menggosok gigi seyogyanya tetap dilakukan paling tidak dua kali sehari.

 

%d bloggers like this: