STOP ROKOK….!!!

Kata itu sering diucapkan oleh perokok stadium berat. Meski sebenarnya mereka sangat ingin berhenti merokok. Tak jarang para perokok sudah mengetahui bahwa merokok merupakan tiundakan sia-sia dan merugikan kesehatan. Tapi menghilangkan rasa kecanduan bukan perkara mudah. Perokok sendiri terbagi dari beberapa stadium menurut kebiasaannya :

Stadium Awal

Pada stadium ini perokok hanya sebatas menghisap rokok pada saat-saat tertentu. Misal hanya pada saat di toilet, hanya ketika sedang suntuk atau sedang tidak mood atau hanya ketika sedang menghadapi masalah. Di stadium ini, mulai tumbuh perasaan bahwa merokok adalah salah satu jalan keluar untuk menenangkan pikiran. Jumlah yang dihisap dalam seminggu sekitar 5-10 batang rokok.

Stadium Sedang Gejala stadium sedang tandanya adalah merokok sudah menjadi kebiasaan. Dalam setiap kesempatan senggang mereka memilih merokok. Merokok pada stadium ini telah menjadi kebutuhan dan sangat terbuka meningkat ke stadium selanjutnya. Di stadium ini, mulai tumbuh perasaan bahwa merokok adalah salah satu jalan keluar untuk menenangkan pikiran. Dalam sehari perokok di stadium ini bisa menghabiskan 5-10 batang perhari.

Stadium Berat/kronis Semua orang yang berada stadium ini adalah mereka yang sebelumnya berada di stadium awal dan sedang. Ketika orang sudah mulai mencoba menghisap rokok(stadium awal) sesungguhnya mereka sedang menapak ke stadium sedang dan berat. Perokok pada stadium ini berada pada tingkat yang mengerikan. Mereka dapat menghabiskan dua sampai empat bungkus rokok perhari. Mereka sudah demikian tergantungnya terhadap rokok. Rokok menjadi menu wajib. Malah ada yang beranggapan segelas kopi dan sebatang rokok cukup untuk menu sarapan pagi. Sungguh mengerikan. Setiap saat mereka akan merokok. Mereka tak sanggup melewatkan 1 jam tanpa merokok. Dalam sehari mereka dapat menghabiskan dua samapi empat bungkus rokok perhari.

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok Banyak cara menghentikan kebiasaan rokok. Para perokok yang berhasil berhenti mengungkapkan cara yang berbeda-beda. Ada yang berhenti dengan caranya sendiri ada juga yang perlu konsultasi dokter. Ada juga yang menggunakan metode hipnotis. Metode ini bekerja dengan cara menggali dan memupuk rasa penolakan terhadap rokok lewat alam bawah sadar. Begitu siuman, daya tolak tubuh terhadap rokok semakin meningkat.

Berikut adalah cara lain untuk menghentikan kebiasaan merokok.

NIAT DAN TEKAD Menyepilah ke suatu tempat, misalnya di dalam kamar yang terkunci rapat tanpa gangguan. Bawa buku, video, pamflet, booklet atau apapun yang berisi informasi bahaya. Baca dengan dalam dan renungkan. Munculkan niat dan tekad sekuat-kuatnya. Dari seluruh tahapan, bagian ini cukup sulit. Namun bila niat telah kuat, tahapan selanjutnya mudah dilalui.

ELIMINASI Buang semua jauh-jauh barang-barang yang berhubungan dengan rokok, misal asbak atau korek api. Kemukakan niat anda berhenti merokok ini kepada keluarga dan teman-teman anda. Minta mereka mengingatkan bahwa anda sedang menjalani tahap pembebasan diri dari rokok. Tinggalkan juga kebiasaan-kebiasaan yang biasanya anda hubungkan dengan rokok, seperti minum kopi. Di tahap eliminasi ini anda hanya perlu membuang jauh-jauh dan mengeliminasi sesuatu yang berbau rokok.

STOP ROKOK Saat anda niat untuk berhenti maka disitulah anda sudah harus benar-benar berhenti merokok. Cobalah metode ini dalam sebulan :

Tanggal 1 s/d tanggal 10 jangan merokok sebelum jam 09.00 sampai jam 17.00. Pada periode ini anda hanya boleh merokok mulai dari jam 09.00 sampai 17.00

Tanggal 11 s/d 20 jangan merokok sebelum jam 12.00 sampai jam 17.00. artinya diluar jam itu anda masih boleh merokok

Tanggal 21 s/d 30 jangan merokok sebelum jam 15.00 sampai jam 17.00. Pada tahap ini konsistensi harus tetap dijaga, karena sebentar lagi anda lulus ujian.

Begitu lulus tahapan ini selama satu bulan, sangat dimungkinkan anda sudah bebas dari kebiasaan merokok. Kenapa? Karena selama satu bulan penuh, setiap pagi tubuh anda bebas asap rokok. Kita mengetahui, pagi hari adalah saat tubuh mulai bergerak atau beraktivitas. Ketika dijejali dengan asap rokok maka sifat candu rokok akan semakin dahsyat merusak. Jadi kesimpulannya hindari dahulu rokok di pagi hari. Dijamin kalau anda benar-benar niat dan konsisten menjalankannya. Anda akan lulus ujian, selamat mencoba!

%d bloggers like this: